Volkswagen Mulai Gunakan Printer 3D

Industri otomotif merupakan salah satu bidang yang terbantu dengan adanya teknologi printer 3D. Dengan adanya printer 3D, perusahaan otomotif dapat dengan mudah membuat prototipe. Volkswagen, perusahaan otomotif dari Jerman bahkan mengembangkan printer 3D sehingga mampu membuat suku cadang (spare part) untuk mobil.

 

Pada awal minggu ini, Volkswagen Group mengumumkan pilot project baru yang menggandeng Department of Development and Technological Planning di Volkswagen AG. Tujuannya yaitu memproduksi secara eksklusif dengan printer 3D  berupa suku cadang Volkswagen yang mampu dijual.

 

Pemanfaatan printer 3D untuk membuat suku cadang sejalan dengan sulitnya menemukan suku cadang asli untuk tipe mobil klasik. Volkswagen Group sejauh ini baru memanfaatkan printer 3D di bagian pembuatan prototipe dan peralatan pendukung. Menurut Tobias Pape, Purchasing Manager pada suku cadang Volkswagen klasik, suku cadang yang dibuat dengan printer 3D pada pilot project ini harus memenuhi tiga persyaratan: tidak boleh mencolok ketika dipasang, harus aman dan harus bisa dibuat sekecil mungkin.

 

Disadur dari : www.3ders.org